Yuldiais's Blog

Take the silver line of life

Arti dan Makna Penting Sahabat

on December 7, 2010

Saat aku punya rencana hidup atau impian, aku cerita ke sahabat.
Saat aku bingung dalam memilih pilihan, aku tanya ke sahabat.
Saat aku minta pendapat tentang hal yang ingin aku pilih, aku konsultasi ke sahabat.
Saat aku bimbang butuh ditegarkan, aku mendatangi sahabat.
Saat aku sedang bahagia, aku beri kebahagiaanku ke sahabat.
Saat aku butuh ingin membantu, aku tawarkan bantuan ke sahabat.
Saat aku ingin mengekspresikan cinta, aku ekspresikan ke sahabat.

Saat aku sedang ingin berhenti sejenak dari kepenatan, aku sampaikan ke sahabat.
Saat aku memiliki rencana gila, aku beritau sahabat.
Saat jiwa ini haus akan pelepas dahaga, aku minta tausyiah pada sahabat.
Saat aku sedang ingin bercanda, aku hubungi sahabat.
Saat ingin tidur namun msih belum terlelap, aku sms sahabat untuk sekedar menyapanya.
Saat aku ingin bicara ditelp, aku minta sahabat untuk menelponku (krn aku pake pulsa sms).
Saat aku ingin minta digantikan kehadiranku ke suatu acara, aku hubungi sahabat.
Saat aku mulai stag dalam berdoa, aku doakan kebaikan sahabat.

Itu, mungkin belum semua ku tuliskan tentang kebutuhanku akan sahabat di dunia ini. Tak akan cukup di sini ku tuangkan semua akan arti dan makna penting memiliki sahabat.

Jika tiga diantara hal di atas pernah aku lakukan kepadamu, maka kamu adalah sahabatku.

Bagiku, sahabat adalah jalan kebaikan dan kasih sayang Tuhan kepadaku. Aku mencintai sahabatku karena Tuhan telah mengirimnya untuk menemaniku, membuatku merasa aku memiliki teman di dunia ini, menghapus rasa kesepianku, dan melegakan himpitan dadaku saat aku sedang tertekan dan rapuh.

Bagiku, sahabat adalah hal yang biasa.
Karena sahabat adalah manusia, sama halnya denganku, manusia.
Sahabat perlu tidak selalu ada saat aku butuh ataupun saat aku senang.
Sahabat perlu tidak selalu memberi apa yang aku minta.
Sahabat perlu tidak selalu menghiburku di saat aku bersedih.
Sahabat perlu tidak selalu hadir di acara-acara penting dalam hidupku.
Sahabat perlu tidak selalu menolong disaat aku membutuhkan pertolongannya.
Sahabat perlu tidak selalu bisa menenangkanku saat aku gelisah.
Sahabat perlu tidak selalu membuatku senang.
Sahabat perlu tidak selalu membalas sms yang aku kirimkan atau menjawab telponku.
Perlu Tidak Selalu!

Cukuplah kamu menjadi sahabatku yang menjadi jalan kebaikan dari Tuhan untukku.
Cukuplah kamu menjadi sahabatku yang menambah khasanah jiwaku.
Cukuplah kamu menjadi sahabatku yang membantuku menjadi lebih bijak dan dewasa.
Cukuplah kamu menjadi sahabatku yang membuatku semakin mengenal dan dekat dengan Tuhanku.
Cukuplah kamu menjadi sahabatku yang mengingatkanku akan pertanggung jawaban di hadapan Tuhan saat kita telah tiada nanti.
Cukuplah kamu menjadi sahabatku yang merasa nyaman, tentram, dan mendapatkan manfaat berteman denganku.

Karena sahabat,
adalah segala kebaikan
adalah segala keindahan
adalah segala kejujuran
adalah keajaiban

Tetaplah menjadi sahabat bagi siapa saja yang kau sanggup melakukannya, sebisamu, sebatas kemampuanmu.

Sadarilah bahwa sahabat memiliki keterbatasan.
keterbatasan ilmu sehingga terbatas dalam memahami kita
keterbatasan harta sehingga terbatas memberikan bantuan materi saat kita butuh
keterbatasan kekuatan fisik sehingga terbatas memberikan bantuan fisik kpd kita
keterbatasan waktu sehingga terbatas untuk bisa menemani kita di waktu-waktu penting kita

Sahabat, kamu tidak perlu menerima semua tawaran dan pemberian dariku, karena menerima atau menolak itu hakmu. Aku hanya ingin bersyukur pada Tuhan yang telah mengirimmu untukku. Pun kamu tidak perlu mengingatku, namun aku selalu ingin menyimpanmu dalam memoriku karena aku beruntung punya sahabat kamu.

Sahabat, meskipun kau sangat begitu berarti bagiku, namun Allah masih lebih utama bagiku. Pergilah jika kau ingin pergi. Menghilanglah jika kau ingin menghilang dari kehidupanku. Namun, aku selalu membuka hatiku untuk kehadiranmu karena kamu adalah anugerah dari Tuhan untukku. Karena aku hanya ingin bersahabat denganmu karena Allah SWT.

di Ruang Rindu,


Leave a Reply

