Yuldiais's Blog

Take the silver line of life

101 PERTANYAAN MEMBUAT HIDUP JADI LUAR BIASA

on December 13, 2010

Oleh : Peter Lim

Anthony Robbins pernah mengatakan dalam salah satu bukunya bahwa berpikir sebetulnya adalah proses bertanya dan menjawab pertanyaan – pertanyaan.

Beliau kemudian menambahkan bahwa orang – orang yang sukses adalah mereka yang selalu bertanya pada dirinya sendiri.

Berikut adalah 101 pertanyaan untuk membuat hidup anda luar biasa :

# 1. Apa yang saya inginkan ?
# 2. Untuk hal – hal apa saja saya berterima kasih ?
# 3. Apakah yang hilang dalam hidup saya ?
# 4. Apakah saya melihat hal – hal baru di dunia ini setiap hari ?
# 5. Apakah saya menyediakan sedikit waktu untuk mendengarkan orang lain ?
# 6. Apakah saya cukup bersenang – senang ?
# 7. Bagaimana saya menjadikan hidup ini lebih ceria ?
# 8. Apa yang saya inginkan lebih dalam hidup ?
# 9. Apa yang tidak terlalu saya inginkan dalam hidup ?
# 10. Apakah saya selalu mencari peluang – peluang ?
# 11. Apakah saya menangkap peluang – peluang yang ada ?
# 12. Apakah saya mempunyai pikiran yang terbuka ?
# 13. Apakah saya cukup fleksibel ?
# 14. Apakah saya cepat menghakimi orang lain ?
# 15. Apakah saya selalu memperhitungkan resiko ?
# 16. Apakah saya tulus memuji orang lain ?
# 17. Apakah saya menghargai apa yang orang lain lakukan untuk saya ?
# 18. Ke tempat mana sajakah saya ingin pergi ?
# 19. Siapa sajakah orang yang ingin saya jumpai ?
# 20. Petualangan apa sajakah yang ingin saya ikuti ?
# 21. Apakah saya peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang saya ?
# 22. Apakah saya cepat tersinggung ?
# 23. Apakah yang membuat saya bahagia ?
# 24. Adakah hal yang saya tunda ?
# 25. Apakah saya selalu memikirkan diri sendiri ?
# 26. Apakah saya suka menyimpan dendam ?
# 27. Apakah saya selalu mengingat – ngingat masa lalu ?
# 28. Apakah saya membiarkan pikiran negatif orang lain mempengaruhi saya ?
# 29. Apakah saya bisa memaafkan diri sendiri ?
# 30. Apakah saya cukup sering tersenyum ?
# 31. Apakah saya cukup sering tertawa ?
# 32. Apakah saya mengelilingi diri saya dengan orang – orang positif ?
# 33. Apakah saya orang yang positif ?
# 34. Apakah saya menyediakan cukup waktu untuk merawat diri ?
# 35. Apakah ambisi rahasia saya ?
# 36. Apakah yang ingin orang – orang ingat tentang saya di akhir hidup nanti ?
# 37. Apakah arti sukses untuk saya ?
# 38. Bagaimana saya dapat memberi arti bagi hidup orang lain ?
# 39. Bagaimana saya dapat melayani sesama ?
# 40. Hal apakah yang dapat saya lakukan lebih baik dibandingkan orang lain ?
# 41. Apakah 3 kekuatan terbesar saya ?
# 42. Apakah saya bergerak menuju ke pencapaian mimpi – mimpi saya ?
# 43. Apakah saya menceritakan pada orang lain apa yang sungguh – sungguh saya inginkan dalam hidup ?
# 44. Seperti apakah rupa hari yang indah menurut saya ?
# 45. Ingin seperti apakah anda 1 tahun lagi ? 5 tahun lagi ? 10 tahun lagi ? 20 tahun lagi ?
# 46. Seperti apakah bentuk lingkungan untuk hidup yang baik menurut saya ?
# 47. Apakah yang ingin saya perbuat jika saya tidak mempunyai rasa takut ?
# 48. Apakah yang ingin saya perbuat jika uang bukanlah hal yang penting ?
# 49. Alasan – alasan apa sajakah yang sering saya ucapkan ?
# 50. Apakah saya menikmati apa yang saya lakukan sehari – hari ?
# 51. Apakah saya berada di jalan yang benar ?
# 52. Apakah saya meyayangi diri sendiri ?
# 53. Apakah saya baik pada orang lain ?
# 54. Apakah saya mengambil sesuatu tanpa imbalan ?
# 55. Apakah saya sedang melakukan hal yang paling penting saat ini ?
# 56. Apakah ada hal – hal dalam hidup yang perlu saya beri perhatian lebih ?
# 57. Apakah saya sudah menggunakan waktu saya dengan sebaik – baiknya ?
# 58. Apakah yang bisa saya lakukan saat ini yang dapat membuat perbedaan terbesar dalam hidup ?
# 59. Apakah yang sedang saya hindari ?
# 60. Hal – hal apa sajakah yang saya bisa bertoleransi ?
# 61. Apakah saya membuat tujuan – tujuan yang jelas dengan batas waktu pencapaiannya ?
# 62. Apakah saya memegang janji – janji yang telah saya buat pada diri sendiri ?
# 63. Apakah saya memegang janji – janji yang telah saya buat pada orang lain ?
# 64. Jika saya ingin kehidupan saya sempurna, apakah yang harus saya rubah ?
# 65. Apakah yang sedang saya cari sungguh – sungguh saat ini ?
# 66. Bagaimana saya membuat hidup saya lebih sederhana ?
# 67. Kegiatan apa saja yang saya lakukan tetapi saya tidak menikmatinya ? Apakah kegiatan tersebut sungguh – sungguh harus dilakukan ? Dapatkan saya mendelegasikannya atau membayar orang lain untuk melakukan itu ?
# 68. Apakah saya melihat diri saya sebagai seorang yang cukup kreatif ?
# 69. Apakah saya membiarkan diri saya untuk menjadi orang yang kreatif ?
# 70. Dapatkah saya menjadi seseorang yang spontan ?
# 71. Apakah saya terlalu kritis pada diri sendiri ?
# 72. Apakah saya terlalu kritis pada orang lain ?
# 73. Apakah saya dapat melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda ?
# 74. Hal – hal apa sajakah yang telah saya selesaikan ?
# 75. Hal – hal apa sajakah yang menjadi sumber stress dalam hidup ?
# 76. Bagaimana saya dapat mengurangi stress dalam hidup ?
# 77. Kemana sajakah uang saya dipergunakan ?
# 78. Bisakah saya mengelola keuangan saya ?
# 79. Punyakah saya rencana keuangan untuk masa depan ?
# 80. Untuk apa sajakah waktu saya dipergunakan ?
# 81. Sudahkah saya membuat sistim pengelolaan waktu yang efisien ?
# 82. Apakah 3 prioritas terbesar saya dalam hidup ?
# 83. Siapakah orang terpenting dalam hidup saya ?
# 84. Siapakah yang mencintai saya ?
# 85. Siapakah yang peduli kepada saya ?
# 86. Untuk siapakah anda bekerja keras ?
# 87. Apakah tempat tinggal dan lingkungan kerja saya telah diatur sedemikian rupa sehingga memberi kenyamanan pada saya ?
# 88. Apakah saya mempunyai pola hidup yang sehat ?
# 89. Apakah saya sering terbawa emosi ?
# 90. Apakah saya dapat melupakan kesalahan – kesalahan yang telah saya buat di masa lalu ?
# 91. Apakah saya mengijinkan diri saya untuk melakukan kegagalan ?
#92. Apakah saya mempelajari kegagalan – kegagalan saya ?
# 93. Apakah saya cepat menanggapi ketika sesuatu berjalan tidak semestinya ?
# 94. Apakah keyakinan – keyakinan saya telah bekerja dengan baik ?
# 95. Apakah saya melonggarkan aturan – aturan yang telah saya buat untuk diri sendiri dan orang lain ?
# 96. Apakah impian masa kecil saya yang terlupakan ?
# 97. Siapa sajakah idola / tokoh yang saya tiru ?
# 98. Apakah saya asli ? Apakah saya menjadi diri saya sendiri atau sedang mencoba menjadi seseorang yang lain ?
# 99. Bagaimana jika…?
# 100. Mengapa tidak …?
# 101. Bagaimana saya dapat …?


One response to “101 PERTANYAAN MEMBUAT HIDUP JADI LUAR BIASA

  1. abu fatimah says:

    hmmmmm,
    untuk 1 soal, dikasih tenggang waktu brp ne untuk menjawab ??

Leave a Reply

