Yuldiais's Blog

Take the silver line of life

Makna Duniawi

on December 17, 2010
Aku terpikir tentang makna duniawi. Kalau tidak salah ingat, ada sebuah entah hadits atau pernyataan ulama, mohon maaf aku lupa dengan sumbernya, yang mengatakan kurang lebih seperti ini “Orang-orang beriman yang selama hidup di dunia hidup secara kekurangan, akan dilebihkan di akhirat”. Tolong, tolong perbaiki jika aku salah.

Aku hanya berpikir, Allah mencipatakan segala sesuatunya secara berpasangan, termasuk dunia dan akhirat. Bukankah kita hidup di dunia ini karena kehendak Allah?. Karena ini kehendakNya, maka pasti Dia telah memberikan semua peralatan dan perlengkapan untuk kita hidup di dunia ini seperti kesehatan, potensi diri, sumber daya alam, dll. Itulah bukti kasih dan sayangNya pada kita.

Karena kita diciptakan olehNya, maka kitapun akan dimatikan olehNya. Nah, pertanyaan selanjutnya, saat  kita telah dimatikan olehNya, dimanakah tempat kita selanjutnya…? Dan yang pasti, kita akan hidup di dunia sesungguhnya, yaitu Akhirat!

Kita sangat meyakini bahwa akhirat adalah dunia kita yang sesungguhnya, karena disana adalah keabadian dan kekekalan. Sudah sangat sepantasnya kita menjadikan segala sesuatu yang ada di dunia ini sebagai bekal dan sarana untuk kita memasuki dunia kita sesungguhnya. Jadikan segala sesuatunya untuk akhirat kita. Memang, sebaik-baiknya niat adalah untuk Tuhan kita, Allah SWT. Namun jika kita masih belum bisa meraih rasa/niat itu, mulailah berniat meraih syurga.

Jadikan kerja keras kita, aktivitas kita, lingkungan kita, teman2 dan sahabat2 kita, pekerjaan kita, hobi kita, pikiran dan hati kita, dan segalanya adalah untuk akhirat kita (syurga).

Jika kita ingin kaya, jadilah kita orang kaya yang meniatkan harta yang kita miliki sebagai penghantar kita ke syurga. Jika kita dianugerahi otak yang cerdas dan pintar di atas rata-rata orang, jadilah orang cerdas dan pintar yang menghantarkan diri kita sampai ke syurga dan menjadi jalan bagi orang lain untuk ke syurga pula. Jika kita dianugerahi wajah yang sangat cantik/tampan nan rupawan, tubuh tinggi semampai dan aduhai, jadikanlah anugerah ini sebagai penghantar kita ke syurga, dan bantulah orang lain ke syurga bersama kita.

Apapun, anugrah yang menjadi kelebihan kita saat ini, jadikanlah ia alat penghantar kita ke syurga, dan jadikanlah ini sebagai jalan bagi orang lain untuk meraih syurga bersama kita.

Apapun yang kita lakukan, meski terkesan mengejar dunia, namun jika itu diniatkan untuk Allah, dilakukan dengan cara yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah, adalah ibadah, adalah amal kebaikan yang diterima.

Sebaliknya, apapun yang kita lakukan, meski terkesan akhirat seperti tilawah Alquran, namun jika itu diniatkan untuk mendapatkan pujian, penghargaan, penghormatan dari orang lain, bukan untuk Allah, maka itu adalah duniawi, adalah amal yang tertolak, adalah sia-sia. Naudzubillah mindzalik.

Semoga Allah yang Maha Ar-Rahman Ar-Rahim berkenan membukakan pintu hati dan pikiran kita untuk menerima hidayah, taufik, dan inayahNya. Semoga Allah berkenan membimbing kita ke jalan yang lurus dan benar, dan menyelamatkan kita selama hidup di dunia ini untuk sampai ke syurgaNya. Aamiin.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: