Yuldiais's Blog

Take the silver line of life

Kembali ke Buku

on March 17, 2012

Tadi Siang aku dan keponakanku pergi ke IBF (Islamic Book Fair) di Istora Senayan. Rencanaku ke sana ingin beli kerudung, aksesoris, dan buku pastinya, karena selama acara berlangsung, para penjual banyak menyuguhkan diskon gede-gedean. Karena pergi bersama keponakan yang masih berumur empat tahun, apa yang aku rencanakan tidak terwujud semua kecuali beli buku.

Maklum, di sana ada permainan anak-anak dari balon, sehingga menarik minat keponakanku untuk main. Aku pun menemani keponakanku main hingga dia puas dan capek.  Akhirnya aku hanya membeli dua buah buku, satu buku untuk anak muridku yang besok mengadakan syukuran ulang tahun, dan satu buku lagi buat aku sendiri.

Hmm…baru kali ini aku ke IBF hanya membeli dua buah buku. Biasanya aku menganggarkan khusus uang ku untuk membeli buku. Sepertinya sudah hampir dua tahun ini aku sangat jarang bersentuhan dengan buku lagi. Bahkan nyaris aku tidak beli buku baru lagi. Di rak buku ku tidak ada buku baru. Semua buku yang ada merupakan buku-buku saat aku masih di Bandung. Ahh…mungkin ini dampak dari internet yang banyak menyajikan ilmu dan informasi yang up to date.

Aku mulai membaca buku lagi tepatnya sebulan yang lalu, bulan Februari. Ya Allah… kemana aja aku dua tahun ini..? Kasihan kau buku. Maafin aku yaa… Maafin aku yang nyuekin kamu, yang gak ngajak kamu “main” lagi. Tapi aku sadar ko kalo kamu itu teman terbaikku.

Sekarang jadi teringat buku-buku ku yang dipinjam teman2. Aku lupa siapa saja ya yang minjam buku ku dan belum dikembalikan?! Ahhh…aku bahkan juga lupa judul buku yang mereka pinjam. Ahhh…benar-benar kini aku menyesal meminjamkan tanpa ada pencatatan! Huhuhu…. aku pengen buku-buku ku kembaliiiii…!😥

Hhhaaah…ya sudahlah, anggap saja aku belum punya buku. Anggap saja aku pembaca pemula yang baru mulai menyukai buku. Ya..ya..  menge-nol-kan diri lagi agar bisa ikhlas atas peristiwa lalu, agar enak menjalani hidup.

Aku sudah merencanakan untuk berhenti berlangganan internet di rumah. Aku juga berencana untuk mengurangi fesbukan. Dalam minggu ini, sejak Rabu 14 Maret 2012 hingga hari ini, aku tidak fesbukan. Aku ingin belajar untuk fesbukan hanya untuk sesekali bersilaturahim atau jika ada keperluan atau hanya untuk ngecek invitation.

Empat hari tidak ngecek fesbuk, bikin pikiranku lebih tenang, hati lebih tentram, seperti ada sesuatu yang melegakan. Lalu bagaimana dengan blog ku? ya.. sebelum punya blog, aku sering ngetik di komputer, aku punya folder sendiri. Mungkin aku bisa tulis terlebih dahulu lalu jika ada yang ingin aku posting, akan aku posting.

Tidak se-ekstrim yang dibayangkan. Aku ingin berhenti berlangganan internet karena durasi ku menggunakan internet di rumah jika dirata-ratakan perhari nya hanya sekitar 2 jam! Sayang bangettt kan.. Selain itu, aku sering tidak konsen dalam mengerjakan tugas ataupun pekerjaan rumahku. Kalau sudah di depan laptop, bawaanku selalu ingin browsing dan surfing, sehingga tidak jarang pekerjaanku jadi tak selesai..😥

Mungkin, saat ini cara yang ingin aku lakukan adalah dengan berhenti berlangganan internet. Aku ingin kembali menikmati hari-hari ku dengan membaca buku. Aku ingin lebih banyak bergerak keluar dan action ketimbang di rumah berinternetan tanpa hasil yang signifikan. Karena aku butuh perubahan, aku butuh peningkatan kualitas hidup. Kuncinya hanya tiga yaitu berdoa-melakukan-belajar.

Dengan berhentinya aku berlangganan internet bukan berarti aku putus dengan dunia internet. Tidak! Karena di tempat kerjaku pun aku hampir selalu berhubungan dengan internet.

Variasikanlah hidup biar lebih berwarna, bermakna dan bermanfaattt..!!!😀

pertumbuhan hidup manusia : bayi hingga lansia

(seharusnya) Peningkatan Kualitas Hidup!


Leave a Reply

