Yuldiais's Blog

Take the silver line of life

New Fresh Me! :)

on December 28, 2012

Wah.. udah lama jg gak nge-blog. Ini tulisan tertahan di drafts, tersimpan tgl 16 November. Sekarang aja deh dilanjutin ngetiknya.. hehe…🙂

so FRESH..!

Melalui pergantian tahun baru islam 1434 H yang jatuh pada hari kamis tanggal 15 November, dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim.. aku ingin hidupku lebih berkualitas dan lebih berwarna lagi. Aku berdoa pada Allah semoga Dia berkenan membimbingku dalam membuang kebiasaan2 buruk dan membiasakan kebiasaan2 baik sehingga tercipta nasib yang baik pula di kemudian hari. aamiin. Melalui moment pergantian tahun islam ini aku ingin menjadikan diriku lebih berkualitas dan lebih kuat dalam aspek :

1. ImTaq.

Inilah modal utama setiap hamba Allah dalam mengarungi hidup. Tidak muluk2, aku menolkan diriku dalam belajar agama, seperti anak kecil yang baru mengenal islam. Belajar islam bersama siswa-siswiku membuatku lebih memahami dan merasakan keindahan islam yang memang seperti itu yang aku rasakan. Aku pusing mengkaji islam dengan para ulama, mungkin karena basic ku yang belum kuat sehingga terkadang aku tak tahu mana yang harus aku ikuti. Aku ingin belajar agama dengan rileks, lebih luwes namun tetap berprinsip Al-Qur’an dan Hadits. Aku ingin lebih terbuka dan lebih menghargai lagi dengan banyaknya perbedaan pendapat mengenai ajaran Islam ini. Aku tetap memohon dan berlindung kepada Allah agar aku tetap berada di jalanNya yang lurus dan benar.

2. Kehidupan sosial

Aku ingin punya banyak relasi lebih banyak lagi, lebih luas lagi, dan lebih bervariatif lagi. Aku ingin melebarkan sayap silaturahimku dengan orang2 yang tepat yang mendukung kemajuan hidup. Aku ingin menjadi orang yang lebih bermanfaat lagi, ingin menjadi hamba Allah yang rahmatan lil ‘alamin.

3. Kepribadian.

Kepribadianku yang sekarang adalah kepribadian yang semakin :

  • Bersyukur dan bersungguh-sungguh dalam berusaha.
  • Rendah hati
  • Luwes namun berprinsip
  • Rileks dalam berpikir dan bertindak
  • Simple namun Elegant

4. Pengembangan diri.

  • Insya Allah aku ingin melanjutkan studi ku ke jenjang S2. Aku ingin tetap berkarya karena hasil dari pengalaman dan perenungan yang cukup panjang, insya Allah aku memilih untuk mengabdikan diriku dalam dunia pendidikan, meski sebetulnya masih ada perdebatan di dalam diri antara bisnis, pendidikan dan pekerja sosial, aku pikir itu bisa berjalan bersamaan. Aku memilih kuliah S2 yang memenuhi kebutuhanku yaitu diluar hari kerja, jarak yang tidak terlalu jauh dari rumah, dan finansial yang mencukupi namun tetap berkualitas.
  • Selain itu, aku ingin bergabung ke dalam komunitas pendidikan baik itu lembaga formal maupun independen. Aku ingin belajar dan mengikuti lebih banyak lagi training2 pendidikan. Aku ingin meningkatkan kualitas mendidikku, fokus pada peningkatan kualitas profesionalisme bukan mengejar jenjang amanah yang lebih tinggi.

5. Pernikahan

Tentu saja untuk urusan ini, aku hanya bisa merencanakan dan mengusahakan..🙂 *blushing* untuk prosesnya biar Allah yang menilai dan untuk hasil akhirnya terserah Allah SWT saja yang memberikan takdirNya, karena takdir Allah selalu baik dan yang terbaik untuk hambaNya asalkan proses yang kita lalui juga proses yang diridhoiNya. Tetap berbaik sangka.

Nah.. untuk kebiasaan yang sering kali tidak aku sadari, aku ingin :

1. Stop berprasangka buruk atau husnudzon.

Al Hujurat ayat 12 terjemahannya kurang lebih seperti ini :

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.”

2. Stop membicarakan keburukan orang di belakangnya, itu namanya pengecut dan tidak solutif.

Membicarakan keburukan orang lain adalah berdosa, karena belum tentu orang yang kita bicarakan lebih buruk dari kita.. bahkan malah kita yang lebih buruk dari orang tersebut karena kita membicarakan keburukannya tanpa solusi. Memang tidak mudah untuk tidak terbawa ikut membicarakan keburukan orang lain, namun dengan pertolongan Allah insya Allah kita bisa menghidnarinya. aamiin.

Aku mencoba dengan sopan dan santun menyampaikan apa yang ada di benakku tentang permasalahan pada seseorang, bukan pada kekurangan apalagi menjudge kesalahan dia. Aku belajar mengasah kemampuan komunikasi ku agar lebih halus lagi dan lebih solutif lagi. Jika aku tidak tahan dengan sikap seseorang, aku akan curhat kepada Allah untuk pertamakalinya sebelum curhat ke hambaNya.

3. Tetap Tersenyum.

Saat mendapat kabar tidak menyenangkan ataupun mendapat perlakuan yang tidak berkenan, aku belajar untuk berhenti sejenak, tarik nafas, lihat ke atas jika perlu, kemudian menarik kedua ujung bibir lalu berikan senyum terindah kepada alam semesta bahwa aku baik2 saja karena aku bersama Allah. Aku mencoba fokus kepada permasalahan dan solusi bukan pada kesalahan. Jika memang itu adalah kritikan bagiku, yang aku lakukan adalah menerimanya kemudian gigih memperbaiki diri.

4. Empati dan cepat tanggap.

Terutama kepada keluargaku yaitu kedua orang tuaku. Ayah dan Ibuku adalah dua insan yang harus aku dahulukan dan aku tinggikan dalam pemberian hormat dan patuh. Aku ingin lebih berbakti kepada mereka, ingin meringankan beban mereka dan membuat mereka lebih bahagia. Sudah terlalu dan sangat terlalu banyak kebahagiaan yang mereka berikan padaku.

Alhamdulillahirobbil’alamiin.. Itulah beberapa hal yang ingin aku tingkatkan dalam setiap tahunnya. Semoga Allah memberikan kemudahan dan keberkahan dariNya untuk hidupku, keluargaku dan pasangan hidupku. aamiin.

yang penting Komitmen!😉


Leave a Reply

