Yuldiais's Blog

Take the silver line of life

Karena Sombong Itu Penyakit

on June 6, 2013

Image

 

Memang tidak mudah untuk menahan diri dari ingin menunjukkan kelebihan2 yang dimiliki, seperti memiliki jabatan yang tinggi atau amanah yang bergengsi, harta yang melebihi dari ukuran standar, kepintaran yang mengungguli derajat, serta kecantikan ataupun ketampanan yang begitu menawan.

 

Image

Tidak mudah bagi seseorang untuk menjaga dan menahan diri untuk tidak menunjukkannya kepada orang lain. Tidak mudah untuk menahan diri agar diakui sebagai orang yang “lebih” dan yang “paling” di kalangannya. Karena tidak mudah itulah banyak orang yang dianugerahi kelebihan2 tersebut menunjukkan dan ingin diketahui bahwa dirinya itu adalah orang lebih dan orang paling.

Image

 

Banyak yang tidak mampu menahan diri dari diketahui orang lain tentang kelebihan2nya. Ketidakmampuan itulah yang menjadikan mereka melakukan suatu perbuatan yang membuat orang tidak nyaman, yaitu menyombongkan diri. Sombong, label untuk orang-orang yang tidak mampu menahan diri untuk diakui keakuannya sebagai orang yang lebih dan yang paling. Sehingga tak jarang orang-orang tersebut menganggap orang lain lebih rendah dari mereka.

Image

 

Sikap dan sifat ini bukanlah suatu anugerah karena ia lahir dari ketidakmampuan. Ini adalah sebuah penyakit. Karena itulah sombong termasuk salah satu penyakit hati. So, hati-hatilah dengan hati. Semoga kita bisa menjagi hati kita agar tetap bersih dan suci hati.

 

Image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: